Pendiri Roblox, Tokoh Pemimpin di Dunia Pendidikan

Peran Orang Tua dalam Mengawasi Penggunaan Platform Digital
Platform gim online Roblox kembali menjadi sorotan setelah Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah menyampaikan kekhawatirannya terhadap dampak negatif yang muncul dari penggunaan gim tersebut. Ia menilai bahwa Roblox berpotensi membahayakan anak-anak karena adanya konten kekerasan di dalamnya. Hal ini disampaikannya setelah melakukan peninjauan program Cek Kesehatan Gratis di SD Cideng 02 Pagi, Jakarta Pusat, pada Senin, 4 Agustus 2025.
Menurutnya, peran orang tua sangat penting dalam mengawasi penggunaan gawai dan konten digital oleh anak-anak. Ia juga meminta para penyedia layanan digital seperti Roblox untuk bertanggung jawab dengan menyajikan konten yang tidak hanya mendidik, tetapi juga aman dan ramah bagi anak-anak. "Kami berharap mereka dapat membantu! Jangan menyediakan layanan yang bisa merusak mental dan intelektual anak-anak," ujarnya.
Sejarah dan Perkembangan Roblox
Roblox bukan sekadar platform gim biasa. Dalam laman resmi perusahaan, Roblox didefinisikan sebagai sebuah platform global yang memungkinkan pengguna, terutama anak-anak dan remaja, untuk menciptakan dan memainkan jutaan gim yang dibuat oleh pengguna lain. Platform ini didirikan pada tahun 2004 oleh dua pengusaha asal Amerika Serikat, David Baszucki dan Erik Cassel.
Markas utama Roblox Corporation berada di San Mateo, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini resmi melantai di bursa saham New York (NYSE) pada Maret 2021 dan kini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar yang fokus pada pengalaman dunia virtual dan konten buatan pengguna.
Visi dan Kontribusi David Baszucki
David Baszucki, yang saat ini menjabat sebagai CEO Roblox Corporation, dikenal sebagai sosok visioner di bidang teknologi dan pendidikan. Sebelum mendirikan Roblox, ia telah menciptakan perangkat lunak edukatif bernama Interactive Physics melalui perusahaan pertamanya, Knowledge Revolution.
Dalam laman Baszucki Group, David juga dikenal aktif dalam mendanai penelitian neuropsikiatri bersama istrinya, Jan Ellison Baszucki. Komitmen ini diperluas melalui pendirian Baszucki Group pada 2021 yang bertujuan mempercepat dampak positif di berbagai bidang sosial dan ilmiah. Ia juga turut mengarahkan strategi investasi filantropi lembaga tersebut dengan fokus utama pada kesehatan metabolik, demokrasi, dan astronomi.
Pertumbuhan dan Keunggulan Platform Roblox
Di bawah kepemimpinan David Baszucki, Roblox berkembang pesat menjadi platform dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, terutama dari kalangan anak-anak dan remaja. Platform ini sering dipuji sebagai sarana pembelajaran berbasis game yang dapat mengembangkan kreativitas, logika, dan keterampilan teknologi pada anak-anak.
Roblox juga menyediakan berbagai tools agar anak-anak bisa belajar coding, desain game, hingga berkolaborasi dengan pemain dari seluruh dunia. Berbagai media ternama seperti TIME dan Fast Company juga memberikan apresiasi terhadap Roblox, termasuk masuk dalam daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia serta berbagai daftar inovasi terdepan di industri gim.
Kesimpulan
Meski Roblox memiliki potensi besar dalam mengembangkan keterampilan teknologi dan kreativitas anak-anak, penting bagi orang tua dan penyedia layanan digital untuk bekerja sama dalam menjaga lingkungan digital yang aman dan sehat. Dengan komitmen bersama, platform seperti Roblox dapat dimanfaatkan secara optimal tanpa menimbulkan dampak negatif pada generasi muda.
Comments
Post a Comment